Menggunakan CorelDraw
Menggunakan CorelDraw
Langkah - Langkah menggunakan CorelDraw
Langkah 1: Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru
![]() |
Menggunakan CorelDraw 1 |
Saat pertama kali membuka CorelDraw mungkin ada satu atau lebih kotak dialog yang mungkin ingin Anda tutup saja.
Untuk membuat dokumen baru Anda dapat melakukan file->new atau ctrl-n atau Anda dapat mengklik ikon di sudut kiri atas jendela, tepat di bawah menu "file".
![]() |
buka new dokumen |
Ini akan menyebabkan kotak dialog (lihat gambar). Di kotak dialog ini Anda dapat mengatur nama dokumen dan berbagai hal lainnya tetapi untuk saat ini katakan saja "OK".
Ada persegi panjang di layar dengan drop shadow di belakangnya. Ini adalah dokumennya. Di sisi kiri atas ada drop down yang mungkin mengatakan "huruf" atau "broadsheet" atau "custom". Tarik ke bawah dan pilih "custom" (lihat gambar). Di sebelah pull-down itu ada 2 kotak dengan dimensi halaman horizontal dan vertikal. Jika Anda menggunakan laser etsa, Anda harus mengaturnya ke 24”x18”.
Anda juga harus "nol" penggaris Anda dengan mengklik sudut di mana 2 penggaris bertemu dan menyeretnya ke sudut halaman (lihat gambar). Perlu diingat bahwa penggaris horizontal bertambah ke kanan tetapi penggaris vertikal bertambah ke atas. Ini berarti bahwa semua lokasi di halaman memiliki nilai Y negatif.
![]() |
Menggunakan CorelDraw |
Untuk menyimpan dokumen Anda dapat menggunakan file->save as. Setelah Anda menentukan nama file, Anda dapat menggunakan ctrl-S atau mengklik ikon disk di bagian atas halaman atau menggunakan file->save.
Jika Anda ingin menyimpan jenis file yang berbeda, Anda akan menggunakan file->save as dan gunakan tarik ke bawah "save as type" untuk memilih jenis file yang Anda inginkan. Sekali lagi, jika Anda menggunakan file ini di techshop dan Anda memiliki versi X6, Anda ingin menyimpannya sebagai "format pertukaran presentasi coreldraw 5.0".
Langkah 2: Membuat Bentuk (Kotak/Lingkaran/Freehand/Poligon)
![]() |
Langkah 2: Membuat Bentuk (Kotak/Lingkaran/Freehand/Poligon) |
Sekarang kita membutuhkan semacam objek. Anda dapat menggunakan alat kotak (F6 dan alat ke-7 di bilah alat sebelah kiri). Atau alat elips (F7 dan alat ke-8). Atau alat freehand (F5 dan alat ke-6). Atau alat poligon (F8 dan alat ke-9). Alat poligon akan membiarkan Anda melakukan spiral atau bintang.
Untuk mengakses berbagai opsi untuk setiap alat, klik di sudut kanan bawah tombol alat (di mana ada segitiga hitam kecil) dan pilih opsi yang Anda inginkan.
Buat objek agar Anda dapat memainkannya melalui sisa tutorial ini. Tidak peduli yang mana objeknya.
Langkah 3 Pilih Objek
![]() |
Langkah 3 Pilih Objek |
Alat seleksi adalah alat pertama di bilah alat di sebelah kiri (lihat gambar). Ini memiliki pemetik persegi panjang dan pemetik freehand tetapi sebagian besar waktu Anda hanya akan mengklik objek. Ini membantu jika Anda mengklik di tepi. Satu peringatan: jika ada beberapa objek dan beberapa berada di depan beberapa yang lain, program akan memilih objek yang ada di depan. Dalam kasus tersebut Anda dapat menggunakan "Object Manager" (alat->pengelola objek) untuk mendapatkan objek yang Anda inginkan. Lebih lanjut tentang ini di langkah 10.
Saat Anda memilih sesuatu, semua menu berubah berdasarkan apa yang dipilih; ada opsi berbeda untuk objek dan teks dan bitmap dan tidak ada yang dipilih. Misalnya, jika Anda memilih dua hal secara bersamaan, opsi "trace" di menu bitmap tidak akan tersedia. Ingatlah hal ini jika opsi menu yang Anda inginkan berwarna abu-abu.
Langkah 4 fill dan Line
![]() |
Langkah 4 Fill dan Line |
Pilih objek yang Anda buat. Anda sekarang dapat menggunakan alat isian dan garis besar ("pena garis besar" adalah alat ke-15 di sebelah kiri, terlihat seperti pena pena; alat isian adalah yang ke-16, terlihat seperti ember) untuk mengatur parameter isian dan garis besar (lihat gambar).
![]() |
Langkah 4 Fill dan Line |
Alat isian memungkinkan Anda untuk mengatur pola isian dan warna objek Anda. Jika Anda mengaturnya ke "tanpa isi" itu akan menjadi transparan. Jika Anda mengaturnya ke "uniform fill" itu hanya akan menjadi satu warna. Jika Anda menggunakan "fountain fill" Anda dapat membuat gradien warna. Anda juga dapat mengisi dengan pola atau tekstur atau menggunakan "isian postscript" yang memungkinkan pola parametris.
Alat garis besar memungkinkan Anda untuk mengatur lebar dan warna garis atau untuk menghapus garis sama sekali. Untuk pengetsa laser dan mesin CNC lainnya, "garis rambut" adalah pengaturan penting karena berarti "potongan vektor".
Langkah 5 Garis Lurus
![]() |
Langkah 5 Garis Lurus |
Kadang-kadang Anda ingin hanya garis lurus untuk menghubungkan ke bentuk atau bahkan hanya untuk memisahkan dua bagian dari gambar. Anda dapat menggunakan "alat koneksi garis lurus" untuk ini. Ini adalah alat ke-14 di sebelah kiri dan terlihat seperti garis dengan dua kotak.
Ini sebenarnya lebih dari sekadar alat menggambar garis tetapi satu-satunya hal yang akan saya bicarakan di sini adalah bahwa ia dapat "melampirkan" ke objek lain. Ini memastikan bahwa tidak ada celah antara objek dan garis tetapi juga bisa membuat frustasi jika Anda INGIN ada celah.
Langkah 6 Tool Membuat teks
![]() |
Langkah 6 Tool teks |
Tool teks (Tool ke-11 di sebelah kiri, terlihat seperti huruf A) memungkinkan Anda untuk menulis teks (lihat gambar). Setelah Anda memilih alat, beberapa pengaturan muncul di bagian atas halaman yang memungkinkan Anda untuk mengatur font dan ukuran dan berbagai atribut teks lainnya.
Perhatikan bahwa jika tidak ada teks yang dipilih maka pengaturan berlaku untuk teks yang akan datang. Jadi, Anda harus melakukan pengaturan sebelum mengetik apa pun atau kembali dan memilih semua teks Anda dan mengubah pengaturan.
Teks adalah keseluruhan tutorial dengan sendirinya tetapi saya hanya akan menyebutkan satu hal yang penting dan tidak jelas: "mengubah ke kurva". Jika Anda mengambil teks Anda dan mengubahnya menjadi kurva, itu berhenti menjadi teks (yang merupakan jenis objek khusus) dan menjadi hanya bentuk.
Hal yang paling berguna tentang ini adalah Anda dapat memindahkan gambar Anda ke komputer lain yang tidak memiliki semua font yang terpasang dan gambar Anda akan tetap berfungsi karena teksnya bukan teks dan karenanya tidak lagi memerlukan font tertentu!
Ada juga berbagai trik yang bisa Anda lakukan dengan kumpulan kurva yang tidak berfungsi pada teks.
Langkah 7 Bitmap dan Objek
![]() |
Langkah 7 Bitmap dan Objek |
Bitmap adalah kumpulan piksel dalam bentuk persegi panjang. Di komputer Anda, ini mungkin berupa "jpeg" atau "tiff" atau "png" atau "gif" atau salah satu dari seluruh koleksi jenis lainnya. Di CorelDraw semua itu diubah menjadi bitmap. Anda dapat menerapkan berbagai filter dan efek lain ke bitmap yang tidak dapat Anda lakukan pada objek. Tapi bitmap selalu terlihat agak funky, terutama jika Anda mengubah ukuran resolusi
apa itu Pengertian Objek adalah kumpulan - kumpulan kurva yang didefinisikan sedemikian rupa sehingga dapat diskalakan dengan baik. Objek umumnya akan terlihat lebih baik bahkan jika Anda membuat objek dari bitmap.
Langkah 8 Convert Objek ke Bitmap
![]() |
Langkah 8 Convert Objek ke Bitmap |
Jika Anda memiliki objek (mungkin beberapa teks atau kumpulan bentuk kompleks yang telah Anda buat), Anda dapat mengubahnya menjadi peta bit dengan memilihnya dan kemudian opsi menu Bitmap-> Convert to bitmap (lihat gambar). Pastikan semua yang ingin Anda konversi dipilih saat Anda melakukannya.
Langkah 9 Convert Bitmap ke Objek
![]() |
Langkah 9 Convert Bitmap ke Objek |
Mengubah bitmap menjadi objek jauh lebih rumit tetapi CorelDraw memiliki kumpulan Tool yang melakukan pekerjaan yang cukup baik. Anda mengakses alat-alat ini dengan mengklik kanan pada bitmap dan memilih alat yang ingin Anda gunakan (lihat gambar).
Quicktrace akan mengonversi bitmap menjadi objek vektor tanpa mengajukan pertanyaan apa pun. Jika itu berhasil maka Anda baik untuk pergi. Jika tidak, batalkan dan coba yang lain.
Jejak garis tengah mencoba menemukan garis tengah bitmap Anda dan menghapus sisanya. Ini bagus untuk bitmap yang berupa gambar garis di mana Anda ingin mengonversi gambar garis menjadi objek vektor.
Jejak garis besar mencoba menemukan garis besar bitmap Anda.
Centerline dan outline memberi Anda berbagai pilihan (lihat gambar). Yang pertama adalah jenis seni apa yang Anda mulai. Idealnya, Anda cukup memilih jenis bitmap apa pun itu. Dua hal lain yang harus Anda mainkan adalah detail dan smoothing. Biasanya Anda ingin menghapus gambar asli dan menghapus latar belakang tetapi ada kalanya bukan itu yang Anda inginkan.
Saya harus menyebutkan bahwa jenis bitmap yang saya pilih di sini mungkin tidak akan menjadi objek yang bagus. Ini lebih untuk seni garis dan logo. Jika Anda melihat lebih dekat pada konversi bitmap, Anda akan menemukan bahwa itu telah menciptakan ratusan (ribuan?) wilayah sewenang-wenang yang telah diisi dengan warna yang berbeda. Saya belum menemukan apa pun yang dapat saya lakukan untuk objek yang tidak dapat saya lakukan dengan bitmap asli. Masih - cukup bagus! Dalam hal ini, saya hanya ingin menampilkan kotak dialog, bukan hasilnya, jadi tidak apa-apa.
Langkah 10 Mengatur Posisi Objek
Gambar dengan banyak objek memiliki objek dalam semacam tumpukan. Anda dapat menganggap tumpukan ini sebagai urutan pencetakan. Semuanya dicetak untuk "Bawah" ke "Atas" sehingga objek paling atas akan mengaburkan sebagian besar objek bawah.
![]() |
Langkah 10 Mengatur Posisi Objek |
Anda dapat mengubah urutan ini dengan memilih Atur->pesanan lalu pilih perubahan yang ingin Anda buat.
Atau Anda dapat melihat bagaimana semuanya "bertumpuk" dengan membuka alat-> manajer objek (lihat gambar). Ini membuat panel di sisi kanan yang mencantumkan semua objek dan menunjukkan urutannya (lihat gambar). Anda dapat mengubah urutannya dengan menyeretnya. Anda juga dapat memilih objek dengan mengkliknya dan beberapa objek dengan mengkliknya dengan tombol shift.
Semoga Bermanfaat
Posting Komentar untuk "Menggunakan CorelDraw"